Basic Civic Integration Examination Abroad (MVV Exam)

Hmmm pasti lagi cari info soal ujian MVV yaaa?

Yes bagi mereka yang berencana untuk tinggal di Belanda lebih dari 3 bulan, maka perlu mengurus resident permit. Dan salah satu syarat untuk mendapatkan resedint permit adalah lulus ujian Basic Civiv Integration Examination Abroad.

Saya sendiri ikut ujian tersebut pada tanggal 3 Februari 2015 dan tanggal 11 Maret 2015. Pada tanggal 3 Februari 2015 saya hanya daftar untuk ujian Kennis van de Nederlandse Samenleving (KNS) dan Leesvaardigheid. Pada tanggal 11 Maret saya hanya ikut ujian Spreekvardigheid A1. Kenapa dipisah waktu ujiannya? Karena waktu bulan Februari, saya masih belum PeDe untuk ambil ujian Spreekvardigheid A1..masih takut nantinya ga lulus kalau kurang persiapan. Emangnya bisa dipisah waktu ujiannya? Bisa doongg..sejak diberlakukan program dan regulasi ujian yang baru (sejak 1 November 2014), ketiga ujian bisa diambil secara terpisah. Now let me share some info about the exam:

Kennis van de Nederlandse Samenleving (KNS) – Knowledge of Dutch Society

Dalam tahap ujian ini ada 30 soal. Di dalam masing-masing soal, akan ada gambar, pertanyaan dan 2 pilihan jawaban. Kita hanya perlu meng-klik satu jawaban yang benar (tidak perlu menyebut jawabannya di microphone). Kalau mau tahu contoh ujiannya, bisa dilihat di sini. Menurut saya ini tahap ujian yang paling mudah tapi tentu saja jika sudah persiapan sebelumnya. Persiapannya pun cukup mudah yaitu menggunakan bahan latihan dari paket Naar Nederland. Di paket latihannya ada satu buku dan CD khusus untuk persiapan ujian KNS. Di buku itu ada 100 gambar dan sambil dengar CD kita bisa tahu jawaban dari semua pertanyaan untuk masing-masing gambar. Waktu saya persiapan ujian, yang saya lakukan adalah menyalin pertanyaan dan jawaban di bawah tiap2 gambar. Jadi pada saat saya mau menghafal, saya cukup baca dari buku tanpa harus mendengar dari CD. Note: paket Naar Nederland yang saya punya adalah yang edisi sebelum 1 November 2014. Mungkin kalau belinya setelah Januari 2015, isinya bisa berbeda.

Kayaknya di internet pun kita bisa coba googling situs yang menyediakan list dari 100 gambar dan pertanyaan ini. Misalnya saja di link ini http://toetskns.nl/100VRAGEN/

Leesvaardigheid – Reading

Tahap ujian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kita untuk membaca dan memahami bacaan dalam bahasa Belanda. Ujian ini terdiri dari 3 macam:

  • Reading 1: Kita mendengar satu kata disebutkan, dan kita memilih (dari 4 pilihan) kata mana (dalam bentuk tulisan) yang tadi disebutkan (ada 15 soal)
  • Reading 2: Kita membaca tulisan (contoh: Oor), kemudian kita memilih (dari 4 pilihan rekaman) rekaman mana yang bunyinya sesuai dengan kata yang tertulis. Kita harus mencoba mendengarkan keempat pilihan rekaman tersebut untuk memastikan mana yang sesuai (ada 15 soal)
  • Reading 3: Kita mendapat beberapa bacaan singkat dan sederhana, kemudian kita harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan tersebut. Satu bacaan bisa terdiri dari at least 2 pertanyaan (total untuk semua bacaan ada 12 pertanyaan)

Untuk tahap ini saran saya tidak lain adalah belajar bagaimana pelafalan huruf-huruf dalam bahasa Belanda, rajin membaca teks bahasa Belanda yang sederhana dan rajin buka kamus jika ada kata baru yang tidak kita ketahui artinya. Waktu persiapan ujian, saya cukup belajar dari paket Naar Nederland. Semua bab saya baca, rekamannya saya dengar paling tidak satu kali untuk tiap bab, tiap latihannya saya coba kerjakan dan tiap ada kata baru, saya coba cari artinya di kamus.

Contoh ujian Leesvaardigheid bisa dilihat di sini.

Spreekvardigheid A1 – Speaking

Tahap ujian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kita untuk memahami dan berbicara bahasa Belanda. Ujian ini terdiri dari 2 macam tipe soal:

  • Speaking 1: Nanti ada video orang yang mengajukan pertanyaan kepada kita. Lalu kita harus menjawab pertanyaan tersebut dengan cara merekam suara/jawaban kita. Video bisa diputar berulang kali dan jawaban kita pun bisa kita ubah (rekam) berkali-kali. Berdasarkan info dari mereka yang sudah ikut dan lulus ujian MVV, menjawab dengan satu kata pun sudah cukup, selama jawaban yang kita berikan tersebut benar dan pelafalannya juga benar.
  • Speaking 2: Kita mendengar rekaman suara orang yang kata-katanya juga bisa kita baca di layar. Kalimat tersebut perlu kita lengkapi. Untuk bagian ini, ada beberapa cerita mengenai caranya menjawab pertanyaan atau melengkapi kalimat. Kayaknya di beberapa kedutaan besar Kerajaan Belanda, aturannya beda-beda. Waktu saya ujian di kedutaan besar Kerajaan Belanda di Jakarta, pengawas ujian meminta saya untuk tidak hanya menjawab pertanyaan, tapi juga mengulangi kalimat yang saya baca. Contohnya: Kalimat yang saya baca di layar monitor adalah sbb: Naima gaat naar de Markt. Ze koopt… Nah sebenarnya bisa saja langsung dijawab “Kip” atau “Vis” dll. Tapi saat itu saya disuruh mengulangi kalimat dan melengkapi kalimat dengan jawabannya. Jadi saya menjawab/merekam “Naima gaat naar de Markt. Ze koopt kip”.

Bagian ini kayaknya memang paling sulit dari bagian lainnya. Banyak yang gagal dan harus mengulang ujian karena skor ujian Spreekvardigheid A1 nya kurang dari 6. Untuk persiapan bagian ini, memang perlu sering latihan tanya jawab sama orang Belanda dan perlu latihan pelafalan bahasa Belanda dengan baik. Soal-soalnya sebenarnya tidak sulit, tapi kalau kita tidak familiar dengan lafal-nya orang Belanda, maka agak sulit memahami apa yang sebenarnya ditanya.

Contoh ujian Spreekvardigheid A1 bisa dihat di sini.

Pendaftaran Basis Civic Integration Examination Abroad

Waktu daftar ujian kemarin, saya sendiri yang daftar via internet dan saya ikut prosesnya dari link ini http://www.naarnederland.nl/en/category/aanmeldenen

  • Setelah membuka situs dengan link di atas, pilih “Register (English form)“. Well pilihan saya ini sebenarnya hanya untuk memudahkan saya saja, karena option lainnya adalah untuk menggunakan bahasa Belanda.
  • Lalu kita akan diarahkan ke link http://inburgeren.nl/the-basic-civic-integration-exam-abroad.jsp
  • Pada paragraf pertama di halaman ini ada kalimat “Do you have to take the Basic Civic Integration Exam Abroad? Then you can apply here“. Nah klik saya di “apply here” lalu mulai mengisi formulir online dari Dienst Uitvoering Onderwijs (DUO).

Setelah mendaftar online, selanjutnya kita akan menerima email dari DUO yang menginformasikan jumlah biaya ujian yang harus ditransfer ke rekeningnya DUO. Saran saya, lebih baik minta tolong partner kita yang mentransfer uangnya. Kalau kita sendiri yang transfer dari Indonesia, maka biaya transfernya akan gede buangeeettt.. Di dalam email juga disebutkan informasi apa saja yang harus dicantumkan pada saat transfer uang.

Setelah uang sudah ditransfer, selang beberapa hari kemudian kita akan dapat email lagi dari DUO. Email ini untuk konfirmasi pembayaran dan untuk meminta kita buat janji ujian dengan kedutaan besar Kerajaan Belanda di Jakarta.

Untuk buat janji ujian, telepon aja ke 021-5271904. Kalau tidak salah ujian bisa dilakukan tiap hari (Senin – Jumat)..kalau tidak salah lho ya.. dan dalam satu hari hanya ada 2 sesi ujian, yaitu jam 10.00 pagi dan jam 13.00 siang. Per sesi hanya boleh ada 1 peserta ujian.

Pada hari H ujian, lebih baik datang lebih awal supaya lebih siap mental hehehe🙂 pas sampai di kedutaan, cukup bilang ke pak satpam kalau kita mau ujian imburgering dan pak satpam akan mempersilakan kita masuk ke ruang tunggu sampai akhirnya kita dipanggil untuk masuk ke ruang ujian.

Bagi yang akan mengikuti ujian Basis Civiv Integration Examination Abroad, semoga sukses dan berhasil lulus.

Leave a Reply

